Rabu, 16 Oktober 2013

Manusia Setengah Salmon

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 02.55



Manusia Setengah Salmon (MSS) merupakan film lanjutan dari Cinta Brontosaurus. Di Cinta Brontosaurus, Dika (Raditya Dika) pacaran dengan Jessica (Eriska Rein), sementara di MSS, Dika sudah nggak lagi menjadi pacar Jessica dan susah move on. 

Selain susah move on dari mantan pacar, Dika juga mengalami banyak masalah. Naskah buku barunya nggak kunjung selesai, karena cerita yang terlalu biasa, sehingga editornya, Christian (MoSidik) selalu menyuruhnya untuk mengerjakan revisi. Mama Dika (Dewi Irawan) juga pengin pindah rumah, supaya bisa merasakan suasana baru. Padahal, Dika masih ingin terus tinggal di rumah yang ditempatinya sejak masih kecil. Papa Dika (Bucek Depp) juga selalu mengeluh, karena Dika nggak pernah meluangkan waktu agar bisa dekat dengannya.

Walaupun Dika nggak ingin pindah rumah, Dika tetap membantu ibunya mencarikan rumah baru. Ada saja masalah yang mereka temui saat mencari rumah baru. Entah rumahnya sangat jelek, rumahnya ada kuburan dan pernah menjadi lokasi gantung diri seseorang. Akhirnya, Mama Dika berhasil menemukan rumah yang menurutnya bagus dan sempurna.

Meskipun sudah tinggal di rumah baru yang lebih bagus, Dika merasa nggak betah. Terlalu banyak hal yang harus diadaptasi. Begitu juga dengan hatinya yang masih mengharapkan Jessica, padahal dia sudah dekat dengan cewek baru, yaitu teman SMP-nya bernama Patricia (Kimberly Ryder).

Di MSS, kita juga bisa melihat bagian-bagian cerita lucu dan menghibur. Seperti ketika Dika dilema apakah harus memecat supirnya, Sugiman (Insan Nur Akbar) yang memiliki bau badan nggak sedap, padahal orangnya sangat baik hati. Ada juga cerita saat adik Dika, Edgar (Griff Pradapa) yang menjalani ujian nasional dengan cara aneh. Semua cerita sederhana itu tentu saja membuat kita makin terbahak-bahak.

Cerita yang diangkat di MSS sangat sederhana dan beberapa bagian cerita sudah pernah kita baca di bukunya. Namun, tetap bisa menghibur, karena dibuat dengan gaya komedi khas Raditya Dika. Meskipun hanya cerita komedi, kita bisa mempelajari pesan moral didalamnya, yaitu manusia harus move on dari kisah lamanya dan terus menjalani hidup.

Manusia Setengah Salmon
Kategori: Film Bioskop
Pemain: Raditya Dika, Kimberly Ryder, Eriska Rein, Dewi Irawan, Bucek Depp
Rilis di Indonesia: 10 Oktober 2013
Produksi: Starvision Plus, 2013

Mariska Tracy – Foto: Dok. Starvision Plus

0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea