Kamis, 26 September 2013

Saudaraku Pelit

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 06.28


Saudaraku Pelit Gadis

Mau pinjem ini-itu, nggak boleh. Berbagi dengan orang yang membutuhkan, nggak mau. Duh, pelit banget, sih! Pasti nggak enak rasanya kalau punya kakak atau adik seperti ini. Bila didiamkan, sifat tersebut bisa merugikan dirinya sendiri. Bantu atasi kebiasaan pelitnya dengan: 

Berikan pengertian
Kita bisa berbicara baik-baik kepada saudara kita. Jelaskan padanya bahwa menjadi orang yang pelit nggak akan membuat hidup mereka jadi lebih happy. Justru, bisa menimbulkan rasa kesal bahkan kemarahan orang lain.

Ceritakan ke mama papa
Nggak ada salahnya pula untuk meminta bantuan mama-papa agar ikut menasehati saudara kita. Misalnya dengan mengatakan bahwa saling berbagi serta pinjam-meminjam barang bisa membantu penghematan belanja. Dan ini akan sangat berguna bagi keluarga.

Tunjukkan dengan tindakan
Cara paling jitu adalah memberitahukan melalui tindakan. Coba sesekali ajak saudara kita untuk ikut kegiatan bakti sosial seperti menyumbangkan pakaiannya yang masih layak pakai bagi yang membutuhkan. Tunjukkan padanya bagaimana ekspresi senang dan bersyukur dari mereka yang menerima bantuan. Semoga saudara kita jadi mengerti bahwa dengan berbagi, dia akan merasakan kebahagiaan. Rizkya – Foto: Dok. FeminaGroup

0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea