Kamis, 26 September 2013

Ketika Kondisi Keuangan Keluarga Menurun

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 07.02


Ketika Kondisi Keuangan Keluarga Menurun Gadis

Mungkin dulu mama dan papa bersedia membelikan apapun yang kita minta. Tapi kini ortu nggak seroyal itu lagi. Karena kondisi keuangan keluarga nggak semakmur dulu. Yuk, coba mengerti keadaan ortu ini. Tunjukkan kepedulian terhadap masalah keluarga yang sedang dihadapi dengan cara berikut ini.
Terima Keadaan
Daripada mengomel kepada ortu ataupun murung dengan keadaan saat ini, lebih baik mulai terima keadaan yang ada. Dengan menerima keadaan, berarti kita sedikit menyiapkan diri untuk kemungkinan buruk lainnya. Seperti berkurangnya uang jajan yang diberikan dan terbatasnya budget untuk membeli suatu barang.

Cari Alternatif
Saat ortu mulai menolak membelikan barang yang harganya cukup tinggi, nggak perlu langsung ngambek dan marah-marah. Ada baiknya dipikirkan kembali, apakah kita benar-benar membutuhkan benda tersebut atau nggak. Kita bisa mencari alternatif barang serupa dengan harga lebih murah jika benar-benar membutuhkannya. Misalnya, saat membutuhkan peralatan sekolah untuk semester baru nanti, kita bisa mencari yang harganya lebih miring. Nggak ada salahnya menahan keinginan membeli peralatansekolah baru jika barang yang lama kondisinya masih bagus dan masih dapat digunakan.

Kreatif Cari Tambahan
Mulai berpikir kreatif buat mencari uang saku tambahan bisa kita lakukan, lho! Kalau punya keterampilan membuat sesuatu seperti kue atau kerajinan tangan, coba ditawarkan ke teman-teman. Siapa tahu mereka tertarik membelinya. Jadi kita bisa mendapatkan pemasukan lebih. Sehingga nggak akan terasa deh, kalau uang jajan dari ortu sudah mulai berkurang. Lizta – Foto: Source/Corbis/ClickPhotos


0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea