Selasa, 28 Januari 2014

Rambut Bebas Lepek Saat Sekolah

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 04.34



Rambut Bebas Lepek Saat Sekolah Gadis

Seharian beraktivitas di sekolah, terutama jika ada kegiatan outdoor, bikin rambut lebih gampang berkeringat dan jadi lepek. Rambut lepek memang sering terjadi pada jenis rambut berminyak. Kita cari tahu penyebab dan solusi mengatasinya, yuk. 
Rambut berminyak disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebasea pada kulit kepala yang bisa dipengaruhi oleh makanan, seperti asupan karbohidrat dan lemak. Semakin sedikit karbohidrat dan lemak yang masuk ke tubuh, akan semakin sedikit minyak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit kepala itu.

Untuk perawatannya, lakukan beberapa hal berikut:
  • Keramas dua kali, masing-masing selama 3-5 menit agar shampo bisa membersihkan lemak. Berikan pijatan ringan ke dalam kulit kepala dan tunggu sekitar 30 detik sebelum membilasnya. Cara ini memberikan busa lebih banyak dan bisa mengangkat minyak yang berlebih. Kemudian bilas, lalu oleskan kembali shampo dan ulangi tahapan tadi. Membilas rambut dua kali bisa membuat kulit kepala dan rambut benar-benar bersih.
  • Jangan gunakan kondisioner atau pelembap rambut lainnya, karena hanya akan memperburuk kondisi rambut. Untuk tipe rambut campuran, yaitu kering di rambut dan berminyak di akar rambut, gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut, tidak sampai akarnya.
  • Yang paling baik memang membiarkan rambut mengering dengan sendirinya. Tapi jika terpaksa menggunakan hair dryer, usahakan udara yang keluar tidak terlalu panas, tetapi hangat. Saat mengeringkan, gunakan sikat lembut untuk mengangkat rambut hingga kena kulit kepala atau akarnya. Ini untuk membuat rambut lebih mengembang. Atau keringkan rambut dengan cara membungkuk dan rambut menggantung ke bawah.
  • Kebiasaan memegang rambut ternyata bisa membuat rambut berminyak. Ini disebabkan oleh minyak di tangan dapat menempel di rambut. Karena itu, hilangkan kebiasaan ini. Kalau mau merapikan rambut, gunakan sisir yang bersih.
  • Potongan rambut tertentu juga dapat membuat rambutmu terlihat tidak lepek. Pilih yang bertekstur layer agar membuatnya terlihat lebih mengembang.

Leoni Sihombing – Foto: Fotosearch

0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea