Selasa, 20 Agustus 2013

Kenali Telinga Kita

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 07.50

Kenali Telinga Kita Gadis

Telinga yang jadi salah satu panca indera, penting banget untuk kita jaga kesehatannya. Nggak hanya membersihkan, tapi kita juga harus tahu bagian penting dari organ pendengaran ini. 
Telinga kita terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian luar, tengah dan dalam. Bagian luar dan tengah berperan penting dalam pengumpulan serta pengiriman suara, sedangkan telinga bagian dalam memiliki mekanisme agar tubuh tetap seimbang dan bertanggung jawab untuk mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik. Pada liang telinga, tepatnya di 1/3 bagian luar telinga yang berbulu, terdapat kelenjar minyak atau serumen yang berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran serangga serta bakteri.

Nah, membersihkan telinga yang benar nggak ribet, kok. Sebaiknya cukup dengan memakai cotton bud yang lembut dan sebatas daun telinga saja, tidak perlu sampai ke liang telinga. Kalau kamu membersihkan secara berlebihan, sebagian kotoran malah akan terdorong masuk ke bagian lebih dalam yang dapat mengakibatkan luka pada gendang telinga. Kalau sampai hal itu terjadi, segera periksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Mengunyah sesuatu atau mengulum permen juga berguna untuk menjaga kesehatan telinga kita, karena dapat menyeimbangkan udara yang masuk melalui telinga agar udara tidak terkunci di dalam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea