Jumat, 22 Februari 2013

Anglerfish

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 16.41

Gadis Aksi

Masih ingat dengan ikan ini? Ikan bernama  Anglerfish ini adalah salah satu karakter di film Finding Nemo yang unik. Dia punya antena bercahaya yang digunakan untuk mengelabui mangsanya. 

Anglerfish atau yang sering disebut sebagai ikan lampu ini memang tampak menyeramkan. Tubuhnya bulat, berwarna hitam, bermulut lebar dan punya gigi panjang dan tajam. Gigi-giginya melengkung ke dalam, fungsinya untuk menahan mangsa yang tertangkap keluar lagi  dari mulutnya. 

Ada sekitar 300 spesies Anglerfish, yang banyak ditemukan di laut dalam Samudra Antartika dan Samudra Atlantik. Panjang Anglerfish bisa mencapai 3.3 kaki atau sekitar 1 meter. Ikan ini tinggal di laut dalam dengan kedalaman 3-10 derajat Celcius. Lucunya, ukuran Anglerfish betina lebih besar dibandingkan dengan si jantan. 

Hewan predator ini punya keunikan yang terletak pada alat khusus mirip antena di kepalanya, yang berfungsi untuk memancing mangsa. Tahukah kamu, ternyata cahaya yang ada di moncongnya tersebut merupakan kumpulan bakteri bercahaya yang menghisap darahnya, dan hanya betina saja yang bisa menghasilkan cahaya. 

Saat mencari mangsa, ujung antenanya akan mengeluarkan cahaya untuk mengelabui mangsanya dalam kegelapan. Supaya tidak dicurigai, Anglerfish ini akan lebih banyak berdiam diri menanti mangsanya mendekat. Saat mangsa mendekat, Anglerfish akan langsung melahapnya. Uniknya lagi, selain untuk menarik mangsa, antena ini juga digunakan untuk menarik perhatian pasangan. Hihihi.. Dewianataria - Foto:http://www.cineplex.com
http://www.gadis.co.id/gaul/aksi/anglerfish/001/006/293

0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea