Kamis, 28 November 2013

Berbagi Ilmu dengan Sesama

Diposting oleh Vivi Mardhotila di 06.24


Berbagi Ilmu dengan Sesama Gadis

Berbagi itu nggak selalu harus dalam bentuk materi. Kita bisa kok,  memberikan ilmu atau jasa kita untuk membantu teman-teman kita yang kekurangan. Caranya: 

Membuka bimbingan belajar di rumah
Kalau hanya disimpan, ilmu akan mudah hilang dari ingatan. Beda lagi kalau kita membagi ilmu itu ke orang lain. Tentu akan lebih bermanfaat. Salah satu contoh sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka bimbingan belajar di rumah.

Sepulang sekolah ajak teman-teman atau tetangga-tetangga sekitar rumah untuk belajar bersama. Ajarkan berbagai mata pelajaran yang kita dapat dari sekolah. Boleh juga minta bantuan teman-teman sekelas untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Biar kegiatan belajar bersama ini jadi lebih seru dan menyenangkan.

Jadi sukarelawan di yayasan pendidikan untuk anak jalanan
Jadi sukarelawan bisa jadi cara lain untuk berbagi ilmu dengan sesama. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial tentu jadi kebanggan tersendiri buat kita. Kita bisa belajar sekaligus  bermain dan bersenang-senang bersama.

Selain bermanfaat buat mereka, kita juga berkesempatan untuk kenalan dengan teman-teman baru. Kita pun dapat pelajaran baru tentang cara berbagi dengan teman-teman yang kekurangan dengan cara yang berbeda.So fun!
   
Mendirikan perpustakaan untuk tetangga-tetangga yang kurang beruntung 
Sayang kan, kalau buku pelajaran sekolah cuma ditumpuk di kamar atau justru lapuk dimakan rayap, karena terlalu lama disimpan di gudang. Be creative! Kita bisa lho membuka ‘Rumah Baca’ atau perpustakaan kecil-kecilan.

Kumpulkan semua buku-buku yang kita punya. Pisahkan sesuai kategori bukunya. Tata rapi di rak-rak buku. Lalu letakkan di sudut ruangan rumah yang bisa digunakan sebagai ruang baca. Bisa minta bantuan kakak, teman sekolah atau tetangga untuk membantu mengurus perpustakaan ini.Dewianataria – Foto: Colorblind/corbis/ClickPhotos

0 komentar:

Posting Komentar

 

empi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea